Soal penilaian kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 9 - Kayanya Negeriku. |
Untuk setiap tema kelas 4 SD Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap selesai dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Pada kelas 4 SD Tema 9 - Kayanya Negeriku dengan subtema sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru yaitu:
Subtema 1 : Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Subtema 2 : Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
Subtema 3 : Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia
Soal ulangan atau penilaian selesai semester 2 kelas 4 SD tema 9 disusun menurut kisi-kisi terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Soal UAS Kurikulum 2013 kelas 5 terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 4 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan untuk mempermudah dalam melaksanakan penilaian hasil mencar ilmu akseptor didik, mempermudah menciptakan soal evaluasi, mempermudah dalam menciptakan kisi-kisi soal serta sanggup mempermudah dalam melaksanakan analisis soal. Berikut deskripsi setiap KD Kelas 4 SD Tema 9 - Indahnya Keragaman di Negeriku:
KD Muatan Pelajaran Tema 9 Kelas 4 Semester 2
PPKN 3.2 mengidentifikasi pelaksanaan kewajibanan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN 4.2 menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-har
B. INDO 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara memakai daftar pertanyaan
B. INDO 4.3 melaporkan hasil wawancara memakai kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
IPA 3.2 membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
IPA 3.5 mengidentifikasi banyak sekali sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, materi bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
IPA 4.2 menciptakan bagan siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
IPA 4.5 menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi perihal banyak sekali perubahan bentuk energi
IPA 4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan perihal sifat-sifat bunyi.
IPS 3.1 mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi
IPS 4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi
SBdP 3.2 mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
SBdP 4.2 menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
Baca juga: Soal Ulangan Kelas 4 Tema 6 Kurikulum 2013
Contoh Soal Ulangan Kelas 4 Tema 9 Subtema 1, 2, dan 3
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
A. 3.2
2. Menjaga kelestarian lingkungan merupakan kewajiban ....
A. petugas kebersihan
B. pecinta lingkungan
C. warga masyarakat
D. yayasan peduli lingkungan
B 3.3
15. Sebutkan 3 hal yang dicantumkan dalam laporan hasil wawancara!
D. 3.5
21. Biodisel yaitu materi bakar bio yang berasal dari ....
24. Sebutkan 3 perjuangan pelestarian sumber daya alam hayati!
E 3.1
28. Kayu jati sangat disukai para pembuat mebel alasannya yaitu ....
32. Mengapa lingkungan bisa mempengaruhi acara manusia?
F. 3.2
3.5 Tanda tempo dipakai untuk menyatakan ....
40. Tuliskan makna lagu berjudul " Memandang Alam"!
Download Soal Ulangan Kelas 4 Tema 9
Selengkapnya soal-soal penilaian selesai tahun atau UAS semester 2 kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 9 - Kayanya Negeriku yang belum disertai dengan kunci jawabannya dan yang berformat .pdf itu sanggup didownload melalui link berikut ini:
Untuk materi persiapan bawah umur menghadapi Ulangan Akhir Semester 2, khususnya kelas 4 SD yang memakai Kurikulum 2013 sanggup mengerjakan soal-soal latihan di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), siswa juga harus menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).
Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan memakai angka (bilangan lingkaran skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan akseptor didik dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian selesai semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per muatan pelajaran.
Advertisement